Sabtu, 07 Januari 2017

Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda dan Gejala Kehamilan - Kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh setiap pasangan suami istri pada umumnya. Terlebih lagi jika pasangan suami istri yang yang telah lama menikah. Namun belum juga diberikan keturunan. Sebelum membaca tanda dan gejala kehamilan, ada baiknya untuk membaca proses terjadinya kehamilan terlebih dahulu untuk menambah wawasan tentang kehamilan.

Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda dan Gejala Kehamilan

Namun ada kalanya, pasangan suami istri belum mengetahui secara betul tanda-tanda kehamilan ini. Terkadang kehamilan dilihat hanya dari satu tanda saja. Padahal ada banyak tanda lain yang harus diketauhi juga.Sebelum ibu memvonis diri sendiri hamil atau tidaknya sebaiknya tanda gejala kehamilan harus dikenali dan dipahami.

Tanda dan Gejala Kehamilan Mungkin Hamil

Kebanyakan tanda-tanda ini muncul ketika awal kehamilan, namun ada juga yang menetap sampai akhir kehamilan. Walaupun seorang wanita mengalami salah satu tanda, maka belum dapat dipastikan bahwa wanita tersebut hamil. Perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut untuk meyakinkan bahwa ibu hamil. Ada beberapa wanita yang tidak mengalami tanda-tanda ini ketika hamil. Efek kehamilan pada setiap individu berbeda-beda.

Wanita terlambat datang bulan
Mual dan muntah, mual muntah yang biasanya terjadi pada pagi hari disebut morning sickness. Hal ini terjadi karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron sehingga pengeluaran asam lambung pun berlebihan. Payudara terasa nyeri dan kencang disebabkan payudara membesar karena pengaruh hormon estrogen dan progesteron.
Perasaan adanya gerakan janin
Sering kencing, karena rahim yang semakin membesar dapat menekan kandung kencing.
Kesulitan buang air besar, hal ini karena pengaruh hormon progesteron yang menghambat aktivitas (peristaltik) usus dan karena perubahan pola makan.
Pertambahan berat badan ibu
Cepat lelah
Mengidam
Pingsan, adanya gangguan sirkulasi darah ke daerah kepala
Warna kulit pada wajah, perut, sekitar puting susu dan alat kelamin yang berubah semakin gelap.
Nyeri punggung, karena punggung terdorong oleh bagian janin yang semakin bertambah.
Varises

Tanda dan Gejala Kehamilan Tidak Pasti Hamil

Jika tanda tidak pasti hamil ini muncul, sedikit banyak kita sudah dapat yakin bahwa ibu hamil. Namun ada kalanya tanda ini bisa mengarah pada hal yang lain diluar kehamilan. Perut membesar, seseorang yang perutnya membesar tidak hanya diarahakan pada kehamilan, bisa saja orang tersebut mengalami asites (penumpukan cairan dalam rongga perut).

Reaksi kehamilan positif, walaupun dalam pemeriksaan kencing maupun darah menunjukkan positif hamil, hal ini bisa saja mengarah pada kehamilan anggur (kehamilan abnormal berupa tumor jinak, tanda awal mirip kehamilan normal, namun pergerakan janin tidak terasa).

Adanya tanda chadwicks, tanda goodell, tanda hegar, tanda piscaseck, teraba ballotement, kontraksi braxton hicks, ini sebagai tambahan pengetahuan saja, tanda-tanda ini hanya dapat diketahui dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan (bidan, dokter).

Tanda dan Gejala Kehamilan Tanda Pasti Hamil

Jika tanda ini muncul pada seorang ibu, maka sudah dapat dipastikan bahwa ibu tersebut hamil.

Adanya gerakan janin yang dapat dilihat, dirasakan dan diraba serta ditemukan bagian-bagian janin. Terdengar detak jantung janin, bisa dilakukan dengan alat funandoskop, dopller maupun USG
Pada pemeriksaan rongent, terlihat tulang-tulang janin. 

Namun pemeriksaan ini tidak dianjurkan untuk wanita hamil, karena dapat memberikan efek kurang baik pada janin yang dikandung.

Apakah pasangan anda sudah merasakan tanda dan gejala kehamilan? Apabila sudah, untuk menambah wawasan coba baca proses terjadinya kehamilan pada seorang wanita. Semoga tulisan tentang tanda dan gejala kehamilan ini dapat membantu anda mengetahui apakah istri anda sedang hamil. Semoga bermanfaat…

Info Masalah Kehamilan: Perhiasan Emas Untuk Bayi, Amankah?

0 komentar:

Posting Komentar